Mai Ita Hamutuk Hodi Hader Rai Belu —-"Bersaudara itu sungguh Indah"

GambarNusa Tenggara Timur ternyata menyimpan banyak peninggalan tua bernilai tinggi dan tetap lestari hingga sekarang.

Berbagai peninggalan unik seperti itu layak diusulkan menjadi warisan budaya dunia melalui Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).          

Hal itu disampaikan oleh Made Purna dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan NTT ketika menyaksikan pameran budaya jagung di Museum NTT di Kupang, Senin (11/9/2012) malam.

“Ternyata NTT sangat kaya dengan berbagai peninggalan bernilai tinggi,” kata Made Murna merespons penjelasan tetua Jusuf Boimau (70) terkait keberadaan jagung bagi masyarakat Timor khususnya atau NTT umumnya.

“Bagi kami di Timor, juga NTT, jagung tidak hanya sebatas hasil kebun untuk kebutuhan konsumsi, tetapi juga roh kehidupan yang proses budidayanya melalui aneka ritual khusus,” tutur tetua asal Niki-niki (Kabupaten Timor Tengah Selatan), sekitar 130 kilometer sebelah timur Kota Kupang.          

Setelah mendengar masukan dan penjelasan dari berbagai pihak, Made Purna menyebutkan sejumlah peninggalan budaya bernilai tinggi NTT yang layak menjadi warisan dunia.

Di antaranya alat musik sasando milik etnis Rote, tinju tradisional etu (Nagekeo), dan atraksi saling cambuk bernama caci (Manggarai). Selan itu, juga tarian sakral  gawi (Lio Ende), ja’i (Ngada), likurai(Belu), pado’a (Sabu), dolo-dolo (Flores Timur), dan banyak lagi lainnya.          

“Berbagai warisan budaya bukan benda ini adalah harta kekayaan budaya kita yang harus dilestarikan keberadaannya melalui lembaga seperti UNESCO. Pengakuan secara internasional itu penting untuk menghindari kemungkinan klaim bajakan bangsa lain,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: