Mai Ita Hamutuk Hodi Hader Rai Belu —-"Bersaudara itu sungguh Indah"

Wakil Bupati BeluPEMEKARAN Kabupaten Malaka terpisah dari Kabupaten Belu telah diakomodasi Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dalam rancangan undang-undang pembentukan daerah otonom baru (RUU DOB). Selain itu, pemekaran Kabupaten Malaka mendapat prioritas dalam RUU tersebut.
Wakil Bupati Belu, Taolin Ludovikus, yang dihubungi, Selasa (10/4) mengatakan, Badan Legislasi (Baleg) DPR RI telah menyetujui RUU pembentukan daerah otonomi baru yang diusulkan Komisi II DPR RI. “Baleg sudah menyepakati Kabupaten Malaka sebagai kabupaten sendiri terpisah dari Kabupaten Belu dalam rancangan undang-undang tersebut. Jadi, kita menunggu waktu saja untuk Malaka disahkan sebagai sebuah kabupaten definitif” ujarnya.
Taolin mengatakan, dalam rapat paripurna dengan DPD RI 5 April lalu, Malaka mendapat urutan pertama dari semua DOB yang diusulkan untuk dimekarkan.
“Tanggal 11 April DPR RI membahas lagi rancangan undang-undang (RUU) pemilukada dan pemekaran daerah baru lalu akan dibawa dalam rapat pleno DPR RI pada Juni ini. Diharapkan, RUU ini segera disahkan menjadi UU,” tuturnya.
Menurutnya, berdasarkan versi DPR RI, ada 20 DOB yang sudah diplenokan sedangkan DPD RI ada sembilan DOB. Namun demikian, Malaka tetap menjadi prioritas karena berbatasan langsung negara Republik Demokratik Timor Leste.
Taolin menambahkan, Malaka akan segera dimekarkan menjadi sebuah kabupaten baru terlepas dari kabupaten induk karena sudah dibahas dalam rapat paripurna DPD RI pada 5 April lalu.
Untuk itu, Taolin harapkan kepada masyarakat Kabupaten Belu pada umumnya dan masyarakat Malaka khususnya agar tidak terprovokosi dengan isu-isu miring bahwa perjuangan untuk memekarkan Malaka hanyalah sia-sia.
“Semua pihak punya kewajiban untuk mencerahkan masyarakat Kabupaten Belu bahwa Malaka akan segera menjadi kabupaten baru. Sebab, Malaka bukan hanya untuk orang Malaka, melainkan juga semua orang Belu,” tandasnya.
Ketua Komisi A DPRD Belu Maksimus Nahak berharap DPR RI segera mengetuk palu pemekaran daerah baru.
“Mudah-mudahan Malaka menjadi prioritas dalam rapat pleno DPR RI Juni mendatang karena memang semua persyaratan sudah dipenuhi calon kabupaten Malaka,” tuturnya.

Comments on: "Malaka Segera Jadi Kabupaten Definitif" (1)

  1. klau yuven said:

    mari kt bersatu untuk mndukung para pejuang yang dengan berbagai cara mereka untuk memekarkan malaka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: